Conference of Indonesia Astronomy and astrophysics

Acara konferensi HAI ini diadakan pada tanggal 29-31 oktober 2009 di kampus ITB dan Observatorium Bosscha. Acara yang ada berupa presentasi, pameran stand, dan pameran poster. Acara ini dihadiri oleh banyak professor, tidak hanya dari Indonesia tetapi juga dari Negara tetangga.
Kami tidak dapat menghadiri acara pada hari pertama, padahal pada hari pertama kak Deasy mempresentasikan penelitiannya.

Kami baru dapat berpartisipasi pada hari kedua dan kami baru akan membuka stand serta menempelkan paperposter. Setelah selesai merapikan stand (yang digabungkan dengan FOSCA, Kastro SIRIUS, dan HAAJ) kami mendengarkan presentasi yang terbagi menjadi dua ruangan, lalu kami mengitari ruangan untuk melihat-lihat stand yang ada. Kami tertarik dengan salah satu stand bernuansa sunda yang terletak di dekat pintu masuk, penjaga stand tersebut berkata pada kami bahwa tanggal lahir berpengaruh terhadap kepribadian seseorang dan ia juga mempunyai buku semacam buku ”primbon” dan mulai membaca kepribadian kami [hihihi]. Di dekat stand tersebut terpampang paperposter dan berbagai macam kalender kuno. Dari bapak yang menjelaskan paperposter tersebut, kami mengetahui bahwa sistem kalender di tanah sunda sudah ada semenjak ribuan tahun lalu, dan kalender tersebut memiliki sistm perhitungan yang berbeda dari sistem kalender yang ada. Acara lalu diselingi oleh istirahat shalat jum’at dan makan siang. Saat istirahat tak lupa kami berfoto di sekitar arena acara. Say cheseeeee :D
Setelah istirahat selesai, giliran Pak Wied (Planetarium dan Observatorium Jakarta) dan Gwyn (FOSCA) menyampaikan presentasinya / mempresentasikan pengembangan ilmu astronomi di kalangan para pelajar. Tak lama setelahnya acara kanferensi selesai dan dilanjutkan dengan rapat intern anggota HAI. Sebelumnya seluruh panitia, peserta, dan presentator berfoto bersama.

Hari terakhir di Bandung kami, beberapa anggota FOSCA dan Kastro Sirius menyempatkan diri untuk mengunjungi kebun stroberi yang berada di dekat penginapan.
Sekitar pukul 10.00 pagi kami bergegas menuju Bossca yang berada tidak jauh dari penginapan kami. Acara pagi itu diawali dengan beberapa presentasi kemudian kami semua bergjalan untuk menghadiri peresmian teleskop matahari. Acara lalu di lanjutkan dengan makan siang. Di sela-sela kegiatan tak lupa kami berfoto bersama denggan para profesor dan “petinggi” astronomi yang hadir. Sebelum pulang ke Jakarta kamipun tak lupa foto bersama di depan kubah Bosscha.

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog

Diberdayakan oleh Blogger.

IYA 2009

Mengenai Saya

Foto saya
Kami adalah Klub Astornomi Polaris yang menjadi Divisi dalam Kelompok Ilmiah Remaja SMAN 38 Jakarta

Geo Country

Testimonial