Bandung, 14 April 2015         

Lokakarya GMT 2016 di LAPAN

Pagi itu, sudah lewat azan subuh. Dan gue baru bangun tidur. Trus mandi, solat, dan makan. Kira-kira sampai jam setengah enam pagi, gue baru jalan dari rumah ke Baraya Travel yang di depan Stasiun Tanjung Barat. Sampe di sana kira-kira jam 6-an, udah ada Deasy sama mamanya lagi nunggu dan gak lama ka Indra pun dateng. Bulan pagi selama perjalanan gue ke Tanjung Barat saat itu udah masuk fase sabit akhir, tapi baru otw dari kuartir akhirnya. Yang biasa gue lihat agak ke arah Barat, kali ini ada agak ke arah Timur. Setengah jam berlalu di tempat travel dan ka Farras baru nongol gara-gara macet. Trus kita hitung-hitung uang buat bayar jasa travelnya. Harusnya kalo pake harga pelajar atau mahasiswa cuma kena 70 ribu, tapi entah kenapa syaratnya ribet asli -_- . Dan kita berempat pake tarif reguler yang 85 ribu.

Yak, ka Farras yang dari di jalan udah kebelet pipis nanya-nanya toilet dulu di sana dan mas nya nunjukin. Toiletnya ada di pojokan masuk ke dalem. Gak lama ka Indra nyamperin kita. Gue sama Deasy lagi jagain tas ka Farras. Dan ka Ind bilang, " Hei, cepetan nih! bis nya udah mau jalan". sesegera mungkin ka Farras keluar dari keharibaannya (?) Kita bertiga lari-larian padahal bis cuma beberapa langkah (mungkin biar terlihat dramatis). Trus kita salim sama mamanya Deasy, masuk bis, capcus deh. Di jalan, waktu yang paling menjenuhkan. Tiga jam perjalanan akhirnya sampe juga di depan gedung LAPAN, Bandung di Jl. Dr. Djunjungan deket tol Pasteur sama Cipaganti Travel -_- ah udah itu gak usah gue bahas historynya.

Gak nyangka, pas turun dari minibus ternyata di sebrangnya gedung LAPAN, gedungnya kayak Planetarium dicat biru putih trus ada taneman yang panjang (gatau namanya apa ._.v), tapi itu lebih kayak rumah sih.. bukan gedung. Zzz. Lalu kita nyebrang, lagi-lagi ka Farras gak tahan kebelet pipis. Pas udah masuk gedung kan disambut resepsionis, beuh.. berasa kayak orang penting gua :D. "Oh silahkan masuk, Lokakarya ada di lantai tiga ya, selamat datang!" Dan kita langsung caw ke atas. Pas di lantai dua, ka Farras narik kita berdua ke toilet dan kita jagain tasnya lagi -_- sementara ka Indra udah caw ke gedungnya. Nah, udah selesai ka Farras mengadu dengan toto/ina, kita nyusul deh. Regis dulu, dapet snack sama handout ppt. YEAY MAKANAN ^w^9. Masuk ke gedung dan WA.. MANA ANAK-ANAK SMA LAIN?? Semua yang di sana bapak-bapak sama ibu-ibu, berasa jadi komite sekolah. Daan, ada tempat enak di sebelah kiri agak belakang dan kami memilih untuk bertengger di sana. 

Gua lupa detailnya ketemu siapa aja, yang jelas waktu moderator ngasih sambutan lalalala, ka Indra yang di sebelah kanan gue lagi chattingan sama Avivah Yamani. Bzz yang pinter sadis di LS itu, " Ka, sama dia?" " Iya, dia temen kakak", deg. Dunia sempit ya ._. Yap, ppt-an pun mulai, banyak materi yang disampein koordinator dan yang paling gue inget itu dari Prof. Bambang W. Si dosen Astronomi tergalak, killer, sadis di ITB '-' untung udah pensiun. Dia jelasin kalo peristiwa GMT yang bakal ada 2016 nanti bukan cuma dapat menarik minat para astronom atau astronom amatir aja, tapi masyarakat khususnya wisatawan dan pelajar muda Indonesia. Daan, penelitian biologi yang ada hubungannya sama perilaku binatang saat terjadi GMT 2016 nanti. Uniknya, InsyaAllah nanti kelelawar (si hewan nocturnal) akan berkeliaran pada pagi hari karena nganggap hari itu udah malem dan waktunya doi buat nyari makan. Sementara itu, ayam-ayam jago yang baru melek dari boboknya, ketika tau suhu berubah menjadi lebih rendah, doi pun akhirnya gak jadi berkokok. Yap, itu insting binatang yang sering disalahartikan orang-orang zaman dulu kalo gerhana itu bakal ngerubah segalanya. But, that's missunderstanding massal. Itu hanya peristiwa astronomi yang biasa terjadi saat bulan dalam revolusinya mengitari bumi pas banget doi nutupin sinar matahari yang mestinya sampe ke bumi, namun terhalang oleh bulan. Otomatis, di bumi yang tadinya udah kena sinar matahari, tiba-tiba akan menjadi gelap seperti di malam hari, sehingga terjadi perubahan suhu yang drastis di daerah GMT tersebut. 

Gerhana matahari bukanlah hal yang menakutkan sehingga membuat masyarakat pada tahun 1983 masuk ke dalam rumahnya, mengunci pintu dan bersembunyi di kolong kasur sambil memegang gayung dengan alibi supaya tidak berubah menjadi seekor monyet. Ada juga yang melarang melihat gerhana karena bisa mengakibatkan kebutaan dengan dibuktikannya hewan di sekitar yang berperilaku aneh seolah takut pada kejadian tersebut. Namun, itu adalah mitos masyarakat yang melebih-lebihkan peristiwa exotic dari gerhana matahari. Di sisi lain, pada masa kini asumsi-asumsi seperti itu udah mulai terkikis dan terlahap oleh perkembangan iptek. Orang-orang sekarang mulai sadar kalau dari GMT 2016 ini, akan menjadi GMT Akbar di Indonesia, karena seluruh daerah di Indonesia dapat menikmati kejadian historik tersebut. Terutama di spot-spot yang melewati jalur totalitas GMT, akan menarik para wisatawan domestik maupun mancanegara untuk mengunjungi Indonesia sekaligus memperkenalkan keluhuran Negeri kita tercinta akan keanekaragaman suku, budaya, adat, dan paling penting makanan daerah nya haha. Selain itu, peristiwa GMT ini akan menarik pelajar-pelajar di Indonesia untuk lebih tertarik pada gejala-gejala alam di sekitarnya dan memicu penelitian mengenai GMT dan siklus lalalala. So, orang Indonesia akan cerdas kalo bisa nerapin ini, ditambah bagaimana kita bisa merubah presepsi orang terkait gerhana dan lebih melihat dari sisi artistik dan scientisnya dibanding hal-hal mistik yang tidak jelas kebenarannya. Hal ini sangat penting sehingga saat terjadi gerhana orang tidak takut untuk melihatnya langsung ke matahari. 

Memang pada saat gerhana matahari totalnya, tanpa filter pun kita dapat melihat dengan mata bugil. Tapi pada fase akhir saat sebagian cahaya matahari mulai kembali menerangi bumi, hal ini yang dapat membahayakan penglihatan kita karena tidak ada penyaring cahaya saat melihat langsung ke matahari, tentu saja kebutaan tidak secara langsung namun dapat terakumulasi hingga beberapa waktu. Oleh karena itu, saat ini udah banyak yang pake atau membuat kacamata khusus gerhana. Kacamata ini simple banget. Bisa dibikin sendiri dari filamen atau film/klise yang udah terbakar kena sinar matahari. Dan desainnya tentu tinggal sesuai selera. Film atau klise yang udah terbakar itu, di cuci pake alat khusus dan yang jelas, bukan mesin cuci baju zzz. Sampai bener-bener hitam dan dicoba untuk ngetes pake spektrofotometer dan cara lain dengan mengamati matahari menggunakan kacamata gerhana sehari sebelum terjadi gerhana. Jika dalam satu jam tidak ada efek pada mata, filter tersebut dapat berfungsi dengan sempurna. So, ini juga bisa jadi lahan bisnis buat pemuda-pemuda yang kreatif, ngasilin duit, dan lumayan buat ongkos kuliah. Jadi, dalam Lokakarya GMT 2016 kali ini, sudah seharusnya kita sebagai WNI yang menjadi tuan rumah dalam panggung alam ini memanfaatkan secara optimal peristiwa GMT nanti, sehingga dapat memberdayakan masyarakat dan memberi informasi yang benar dan valid. Dengan demikian, Indonesia gak kalah dengan negara-negara lain yang katanya keren. Let's go sebelum investor asing tancep gas. Jangan mau kalah dan jadi budak mereka lagi. Kita adalah negara yang mandiri (?). Yap, itu yang gua dapet selama materi trus pulang, sebelumnya foto-foto dulu.

Di jalan pulang, kita belok kanan ke Baraya Travel, udah lama jalan dan sampe disana, ternyata kita salah travel, Barayanya yang di sebelah kiri LAPAN deket lampu merah. Dan dengan tergesa-gesa, tali sepatu lepas, pake rok span pula kita grak cepat kesana untuk mengejar waktu yang tinggal beberapa menit lagi jalan. Lama banget. Di jalan pas mau sampe di travelnya ketemu ka Nurdin yang kebetulan juga salah travel. Dan akhirnya sampe juga. Sepatu gua kemasukan batu-_-. Ka Farras udah nyampe duluan, tuh joki emang larinya cepet banget -_- lalu menyusul ka Ind. Deasy ngajakin gua beli oleh-oleh bentar trus gak lama nungguin busnya dateng, masuk, caw deh. Udah mendung. Gue ama Deasy di depan, ka Farras sama ka Indra di belakang. Ketemu anak kecil yang lucu banget :3. Di rest area, gue sama Deasy makan bekel emak. Akhirnya gak kebuang juga. Tiga jam-an perjalanan malam yang dingin diselimuti kabut awan berhujan, nyampe deh di Jakarta. Tiba-tiba udah sampe Lenteng aja. Deasy sama ka Farras turun di palang KAI IISIP. Tinggal gua sama ka Indra yang turun di tempat awal depan Stasiun Tanjung Barat. Nyampe deh, udah ada ayah yang ngejemput. Salaman sama ka Ind, trus pulang. Tapi beli nasi goreng dulu. Haha. 

So, this' my adventure in Bandung, 4/14 2015. Memorable, exited, gokil, campur aduk, dan yang terpenting ilmu dan relasi yang gue dapet di Lokakarya tahun ini :) Thanks Allah SWT, thanks all who make this moment come true, thanks to my parents yang udah ngizinin ke Bandung ^^

Hanf

foto-foto selama Lokakarya :3
http://1.bp.blogspot.com/-ztqe7jc1GFc/VS4OKKAunvI/AAAAAAAAAVg/RjdfFJV_dzE/s1600/IMG-20150414-WA0018%5B1%5D.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-r_vLUl2GTyM/VS4OlIQLcZI/AAAAAAAAAVo/5nfrcq6Sn94/s1600/IMG-20150414-WA0019%5B1%5D.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-x_a1cSlu0Qk/VS4Ov7Q2HyI/AAAAAAAAAVw/yp20yU2Fq5s/s1600/IMG-20150414-WA0020%5B1%5D.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-c3_41YcCU54/VS4OwGDDn1I/AAAAAAAAAV0/O_HpIKLtX3s/s1600/IMG-20150414-WA0021%5B1%5D.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-N0EtDL-T9ZU/VS4O1DUJqrI/AAAAAAAAAWA/CP1ab9DbZbA/s1600/IMG-20150414-WA0022%5B1%5D.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-bce-fGBXVS4/VS4PGKlusnI/AAAAAAAAAWI/2I8W5oeWtyc/s1600/IMG-20150414-WA0023%5B1%5D.jpg


About this blog

Diberdayakan oleh Blogger.

IYA 2009

Mengenai Saya

Foto saya
Kami adalah Klub Astornomi Polaris yang menjadi Divisi dalam Kelompok Ilmiah Remaja SMAN 38 Jakarta

Geo Country

Testimonial